Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur.

Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur. - Hallo sahabat Berita Otomotif Terbaru | Artikel Otomotif | Tips Otomotif | Info Otomotif | Aksesoris Otomotif, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur., kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel mobil, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur.
link : Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur.

Baca juga


Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur.


Oli merupakan komponen yang sangat vital bagi mobil atau kendaraan anda. Ibarat tubuh kita, oli adalah darah, yang punya peran yang sangat krusial dalam hidup kita.

Bedanya darah dalam tubuh tidak perlu diganti, kecuali kalau ada gangguan fungsi dari ginjal, tapi kalau oli mesin mobil anda wajib diganti secara berkala karena tidak ada komponen dalam mobil yang bekerja membersihkan seperti ginjal pada tubuh anda.

Oli berfungsi sebagai pelumas dan juga pendingin mesin. Oli menjadikan komponen pada mesin yang bergesekan tidak mudah aus. Tanpa oli komponen mesin akan menjadi aus karena saling bergesekan.

Bagaimana cara mengenali oli yang masih bagus atau sudah jelek?

Oli ada masa pemakaiannya. Untuk standart kapan oli harus diganti juga berbeda. Rata-rata oli menawarkan penggantian oli sampai 5000 km ,atau 3 bulan (mana yang tercapai lebih dulu). Tapi ada juga oli yang jangka pakainya lebih panjang bisa mencapai 10.000 km atau 6 bulan.

Untuk itu perlu adanya pengingat atau catatan kecil kapan oli terakhir kali diganti.

Seperti penjelasan di atas, bahwa menentukan waktu penggantian oli bisa dari masa pakai (waktu) atau jarak tempuh.

Mana yang lebih baik?
Semua ada kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kebanyakan memakai kilometer karena dinilai lebih efektif. Kekurangannya kalau mobil sering hidup tapi tidak jalan seperti saat keadaan macet maka penghitungan kilometer jadi tidak akurat.

Jika memakai penghitungan bulan maka meski mobil tidak pernah dipakai atau setidaknya jarang dipakai menjadi tidak efektif karena kemungkinan oli mesin masih dalam keadaan yang layak pakai.

Jadi lebih baik dicek terlebih dahulu sebelum memutuskan mengganti oli mesin mobil anda.

Oli yang jelek dapat dilihat secara visual berupa warna oli yang menghitam dan juga menjadi lebih kental.

Efek telat mengganti oli mesin mobil

Jika anda kelupaan atau pun telat dalam mengganti oli mesin, maka bagian atau komponen  mesin yang bergesekan akan lebih cepat aus. Terlebih jika oli mesin yang sampai mengental menyerupai lumpur. Ini sebenarnya mesin atau sawah sih, hehe

Kalau oli sudah sampai berlumpur, itu berarti perlu penanganan lebih lanjut agar tidak merusak mesin.

Cara yang biasa digunakan untuk mencairkan oli yang berlumpur yaitu dengan memberi semacam zat aditif. Di bengkel-bengkel biasanya di sebut dengan engine flush.

Engine flush dijual bebas di toko-toko sparepart kendaraan dan anda bisa melakukan sendiri proses pembersihan ini di rumah. Tapi jika anda merasakan ribet, ya tinggal bawa saja kebengkel kepercayaan anda.



Cara melakukan flushing oli pada mesin.

Cukup mudah melakukan flushing oli mesin, pertama-tama buang oli lama melalui lubang pembuangan oli. Setelah itu masukkan oli yang baru ke mesin. Nantinya oli baru ini akan dibuang juga, karena oli ini berfungsi sebagai "pembilas". Jadi siapkan oli dobel, jika biasanya 4 liter, untuk proses flushing harus disediakan 8 liter.

Hidupkan mesin sampai mesin panas atau mencapai suhu kerja mesin. Setelah itu masukkan mesin dan masukkan cairan engine flush ke mesin dan hidupkan mesin.

Biarkan mesin langsam atau stasioner selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu buang oli hasil flushing tadi.

Langkah terakhir masukkan oli yang baru ke mesin. Alangkah baiknya jika filter oli juga diganti karena sangat mungkin filter olinya kotor bahkan tersumbat karena lumpur oli tadi. Dan proses flushing oli mesin pun sudah selesai.



Cukup mudah bukan?

Meskipun lumpur di mesin dapat diatasi, tapi disarankan oli harus selalu dicek secara berkala agar oli tidak berlumpur lagi.

Karena jika mesin sudah jebol, dompet pun ikutan jebol... Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?






Demikianlah Artikel Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur.

Sekianlah artikel Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur. kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur. dengan alamat link https://unboxingotomotif.blogspot.com/2017/10/selalu-ganti-oli-tepat-waktu-jika-tidak.html

1 Response to "Selalu Ganti Oli Tepat Waktu, Jika Tidak Mau Mesin Penuh Lumpur."

  1. Ganti oli secara berkala adalah hal yang dilakukan paling utama

    Terima kasih atas Informasinya
    Sangat berguna untuk menambah wawasan

    BalasHapus